Membahas Transportasi Kereta di Eropa Part 1 & 2

Siapa yang senang hati tunjuk tangan ? siapa yang mau jalan-jalan tunjuk tangan ? dan siapa yang jalan-jalan pengennya ke Eropa tunjuk tangan ? …. Kalau kalian salah satu diantaranya, maka wajib nih sebelum mendatangi Benua Eropa dan pergi ke salah satu negaranya. Maka hukumnya wajib nih untuk mengenal transportasi kereta cepat yang biasanya dipergunakan di negara-negara bagian dalam benua tersebut. 

Seiring dari menjamurnya maskapai dengan tarif lumayan rendah di kawasan Asia dan juga Eropa, kebanyakan saat ini traveler jauh lebih sering memilih untuk menaiki pesawat dibanding menaiki kereta. Hal ini didukung dengan alasan simpel para traveler, yakni dengan menaiki pesawat mereka bisa jauh lebih cepat sampai ke tempat tujuan walau, mereka harus dipungut biaya jauh lebih banyak. 

Akan tetapi, hal ini tidak melulu dianut oleh seluruh negara. Buktinya saja Eropa, disana tidak memberlakukan sistem seperti itu. Sebab disana, kereta-kereta cepat terutama sekali di kawasan Schengen memiliki durasi tempuh jauh lebih pendek dibanding dengan penerbangan atas rute yang sama. Dengan tarif yang jauh lebih murah, penumpang bisa saja tiba di pusat kota dengan jarak jauh lebih cepat. Penasaran bukan dengan kereta-kereta cepat ini ? hal tersebut bisa kalian dapatkan dalam rincian di daftar tangkasnet. Untuk di part 2 atau part selanjutnya, kalian akan mengetahui adanya jenis-jenis dari Eurail Pass atau kereta yang ada di Eropa. Mari kita mulai pembahasannya ! 

Jenis Kereta Api Lokal 

Dimana Kereta Api Lokal ini menjadi Kereta yang sudah beroperasi antar kota secara lokal dengan jarak yang jauh lebih relatif pendek dan berhenti di hampir semua stasiun yang nyata. Umumnya disini hanya memiliki gerbong kelas 2 saja. Kereta Api Lokal ini umumnya, akan dipakai oleh mereka selaku penduduk setempat sebagai salah satu transportasi ke tempat kerja, lalu berbelanja , bisa berkunjung ke kerabat, maupun ke keluarga kalian masing-masing. 

Jenis Kereta Api Express 

Dimana untuk jenis kereta api Express ini memiliki 2 jenis kereta yakni : Domestik dan Internasional. Nah umumnya untuk kereta ini akan berhenti jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kereta api lokal dan sebagian dari jenis kereta tersebut, langsung saja menghubungkan antar negara. Nah kereta Ekspress ini sering saja disebut dengan InterCity atau IC maupun EuroCity atau EC. nah disini beberapa kereta ekspress mewajibkan sekali kalian untuk melakukan reservasi tempat ketika kalian akan menggunakannya. Nah kereta Ekspress ini akan menawarkan 2 kelas yakni pada Kelas 1 dan untuk Kelas 2. 

Kereta Api Jenis Cepat 

Kereta api cepat di sana sangat amat identik dengan adanya teknologi yang dimiliki, lalu sangat nyaman dan juga Tepat waktu. Bisa berjalan dengan jarak 350 Kilometer per jamnya. Kereta Api Cepat ini sudah dibagi langsung menjadi beberapa kelas, nah sebagian dari mereka memiliki lebih dari 2 kelas dan umumnya sudah beroperasi secara domestik hingga internasional. Saat ini kebutuhan terhadap kereta api cepat jauh lebih ditujukan untuk bisa menunjang kegiatan dari bisnis antar negara dan sangat bersaing dengan perusahaan penerbangan yang ada disana. 

Nah sebagian besar dari Kereta Cepat ini mampu menawarkan fasilitas berupa : Makanan dan Minuman – lalu Akses Wifi Gratis – Koran maupun Soket Listrik dengan Free. Sedikit catatan saja : Makan dan Minum tidak akan dihidangkan dalam perjalanan Akhir Pekan atau bisa menanyakan lebih lanjut hal tersebut ke petugas kereta yang ada disana. 

Jika dalam hal ini kalian sebagai pemegang Eurail pass, maka disini kalian bisa menggunakan Kereta Api Cepat baik secara Free maupun dengan adanya Potongan Harga. Kereta Api Cepat Domestik ini di Perancis ( TGV ), lalu Spanyol ( AVE ), Negara Italia ( Frecciarossa ) maupun Kereta Api Cepat Internasional seperti halnya : Eurostar , Thalys yang akan langsung mengenakan biaya tambahan sebagai pemegang Pass, namun kereta Cepat yang ada di Jerman maupun Swiss pada umumnya tidak dikenakan biaya tambahan kecuali pada saat padat maupun pada saat High Season. 

Jenis Kereta Wisata 

Umumnya untuk Kereta Wisata ini sudah beroperasi di negara-negara Eropa yang sudah memiliki pemandangan indah seperti halnya di Swiss – Perancis Alps dan Negara Skandinavia maupun negara-negara lainnya. Kereta wisata ini memiliki desain Gerbong yang mana berbeda sekali dengan kereta Konvensional, sebagian besar dari mereka juga memiliki jendela yang cukup besar hingga ke bagian atap gerbong yang memungkinkan kalian mampu melihat hamparan dataran hingga menuju ke Puncak Gunung yang bersalju. Jika disini kalian sebagai pemegang Pass maka, kalian bisa saja menggunakan kereta wisata dengan membayar biaya tambahan ( untuk hal ini bisa kalian tanyakan lebih lanjut ke petugas kereta wisata yang ada disana ). 

3 Jenis Kereta Api Malam 

Selanjutnya masuk pada jenis Kereta Api Malam. Jadi umumnya kereta api malam ini sudah beroperasi untuk antar negara yang ada di Eropa. Dan secara umum untuk Akomodasi dari Kereta Malam ini sudah dibagi menjadi 3 jenis yakni : 

1| Jenis Recleaning : dimana ini menjadi tempat duduk dalam gerbong Kereta Api Malam yang mana bisa kalian rebahkan ke dalam posisi yang jauh lebih rendah. Lalu adanya ukuran Sleeperette cukup besar dan nyaman sekali dilengkapi dengan ruang kaki yang sudah memadai. 

2| Jenis Couchette : yang mana ini menjadi tempat tidur bagi semi permanen yang sudah terdapat dalam Kompartemen ( atau disebut sebagai ruang-ruang kecil dalam gerbong ). Nah disini Couchette umumnya memiliki sifat Fleksibel dan bisa dilipat menjadi tempat duduk jika kereta Beroperasi pada siang hari. Nah Couchette mampu menyediakan 2 kelas, dengan kelas 1 berisikan 4 tempat tidur, lalu diisi dengan kelas 2 dengan 6 tempat tidur. Nah disini Couchette tidak mampu dibedakan berdasarkan atas gender yang ada. 

3| Jenis Sleeper : menjadi jenis dari akomodasi kereta api malam yang paling mewah, mengusung adanya Konsep dari pelayanan dengan memakai Standar Hotel. Kalian bisa menggunakan Sleeper dengan biaya dari tambahan yang cukup mahal, namun dari sebagian besar Sleeper memiliki Shower atau Toilet di dalam Kompartemen ( hal ini tergantung dari tiap kelas ). Nah Sleeper sendiri bisa dibedakan dalam penggunaannya berdasarkan dari Gender yang nyata. 

Tanya Jawab Seputar Kereta Eropa atau Eurail Pass 

|1| Apa itu Eurail Pass ? 

Jawab : jadi ini merupakan Tiket atas terusan kereta Api Eropa yang bisa kalian pergunakan secara tanpa adanya batasan pada jaringan kereta Api Eropa dimulai dari 1 sampai 28 negara. Sistem dari pemakaian Pass ini bisa berdasarkan dari hari Pemakaian dan bukan dari beberapa kali kalian naik maupun turun kereta tersebut. Terhitung dari 1 hari pemakaian = 24 Jam , mulai 00.00 sampai 24.00 waktu setempat. 

|2| Dokumen apa saja yang dibutuhkan saat memakai Eurail Pass ? 

Jawab : Kertas Tiket Eurail Pass harus selalu menempel pada sampul tiketnya dan tidak boleh sampai lepas. Disini kalian harus secara terus menerus bisa menunjukan adanya paspor kalian pada saat petugas kereta api memeriksa Pass yang kalian miliki. 

|3| Siapa saja yang Berhak Membeli  Eurail Pass ? 

Jawab : jadi Eurail pass ini hanya boleh dibeli oleh mereka warga Non – Eropa maupun Warga Negara Eropa yang sudah tinggal di luar Eropa selama lebih dari 6 bulan lamanya ( selanjutnya bisa menunjukan hal tersebut dengan Kitas dan Syarat yang lainnya ).